Low Pressure Shell Compressor -Mencegah Liquid Back pada VRF

refrigerant cycle

Seperti kita ketahui bahwa kompressor merupakan “jantung” dari sistem refrigerasi, dimana kompressor bertugas untuk menaikkan tekanan refrigerant dari tekanan rendah ke tekanan yang lebih tinggi. Karena bekerja di tekanan yang tinggi maka sangat berbahaya apabila ada liquid refrigerant yang masuk kedalam kompressor. Kompressor akan mengkompresi liquid dan merusak scroll serta bearing dari kompressor itu sendiri.

Darimanakah datangnya liquid refrigerant? Pada siklus refrigran terdapat 2 fasa refrigeran, yaitu gas (sebelum dan sesudah compressor) dan liquid (setelah condensor dan sebelum evaporator). Apabila evaporator / indoor unit tidak dapat merubah liquid refrigerant menjadi gas maka terjadilah yang dinamakan liquid back. Kondisi ini semakin rumit pada sistem seperti VRF, dimana jumlah evaporator / indoor unit lebih banyak dan masing masing bekerja individual.

accumulator

Salah satu cara untuk mencegah hal tersebut adalah menggunakan accumulator yang dapat memisahkan refrigerant liquid dan gas sebelum masuk kedalam kompressor. Karena itu penggunaan accumulator pada sistem seperti VRF wajib hukumnya. Selain accumulator, Mitsubishi Electric juga menggunakan Low Pressure Shell Compressor yang sekali lagi memastikan bahwa liquid refrigerant tidak langsung masuk kedalam ruang kompresi.

low pressure shell

Low Pressure Shell Compressor bekerja sedikit berbeda dengan kompressor lainnya dimana refrigerant tidak langsung masuk kedalam ruang kompresi, refrigerant yang dalam keadaan dingin digunakan untuk mendinginkan motor di dalam shell. Dengan cara ini apabila masih ada liquid refrigerant maka akan berubah menjadi gas atau berkumpul di area dasar compressor sampai berubah menjadi liquid. Teknologi ini memungkinkan Mitsubihi Electric untuk memiliki kompressor yang lebih handal pada segmen VRF.

induction heater

Pada saat unit tidak berjalan / standby maka kompressor tetap harus dapat menjaga kondisi didalam dengan menggunakan Heater. Berbeda dengan kompressor konvensional dimana memerlukan heater berupa crankcase heater, Mitsubihi Electric Low Pressure Shell Compressor menggunakan sistem Induction Heater yang lebih hemat listrik pada saat untuk tidak dinyalakan / standby.

Titian Pramudya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s