Billing System; menagih secara proposional

control-mitsubishi-ag-150a-melans

Salah satu konsumsi listrik terbesar di gedung sekarang adalah AC, bisa dibilang lebih dari 50% biaya bulanan adalah untuk membayar listrik AC. Tentu saja kita harus memilih AC yang memiliki effisiensi tinggi dan mempunyai kehandalan baik. Belakangan ini AC VRF mulai dilihat karena bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu AC VRF juga dapat menghemat space outdoor dengan jumlah indoor / tenant yang banyak. Tetapi apakah mungkin kita menghitung pengeluaran listrik setiap tenant apabila menggunakan outdoor yang sama / digabung.

VRF dibuat untuk memenuhi kebutuhan medium building dengan sistem kontrol yang canggih, sehingga sangat rugi apabila kita menggunakan AC VRF tanpa memanfaatkan kelebihannya.

Salah satu fitur AC VRF adalah kemampuan untuk membagi konsumsi listrik outdoor untuk setiap ruangan dengan menggunakan Billing System. Fitur ini banyak dipakai oleh gedung gedung yang disewakan, dimana setiap tenant akan diberikan tagihan AC sesuai dengan jumlah pemakaian.

apportioning

Perhitungan penagihan AC tersebut bukan dihitung berdasarkan waktu penggunaan, tetapi dihitung berdasarkan Jumlah Refrigerant Flow yang dipakai oleh Indoor unit. Perhitungan tersebut di sebut “apportioning” dan di claim lebih akurat dalam menggambarkan konsimsi listrik setiap ruangan. VRF Mitsubihi Electric memiliki fitur Energy Management Lisence yang dapat menghitung pengeluaran listrik setiap ruangan dan mengontrol pemakaiannya. Selain itu VRF Mitsubishi Electric juga memiliki keamanan berlapis dimana data apportioning disimpan di dua tempat yang berbeda dan saling membackup. Jadi tidak perlu kuatir kegagalan equipment dapat menyebabkan tagihan listrik tenant tidak keluar.

Titian Pramudya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s