5 mitos yang salah mengenai Jet Towel

Pada beberapa kesempatan saya banyak berdiskusi mengenai Jet Towel kepada “pengguna” toilet. Ada beberapa hal yang ternyata tidak 100% benar, dan ada beberapa yang hanya asumsi yang salah karena pengalaman yang buruk. Beberapa hal tersebut adalah:

jet towel bad

1. Jet Towel tidak membuat tangan kering. Kata ‘Jet Towel’ sendiri merupakan trade mark dari Mitsubishi Electric untuk sistem pengering tangan. Yang membuat perbedaan adalah: Jet Towel bekerja meniupkan udara dengan kecepatan tinggi sehingga air pada tangan akan jatuh pada area yang diinginkan. Sedangkan Hand drier pada umumnya hanya meniupkan udara panas dengan harapan menguapkan air pada tangan. Yang terjadi adalah kita berhenti mengeringkan tangan karena kepanasan atau bosan menunggu kering.

2. Mengeringkan tangan dengan tissue lebih cepat.

Untuk hal ini mungkin benar, karena kita bisa mengeringkan tangan dengan tissue dibawarh 10 detik, bahkan bisa sambil berjalan keluar toilet 🙂 Tetapi Mitsubishi Electric Jet Towel juga dapat mengeringkan tangan dalam 10 detik. Angka 10 detik akan sangat kecil dibandingkan total waktu kita luangkan didalam toilet.

100 rupiah

3.Biaya operasional Jet Towel tinggi. Mungkin ketika seseorang melihat daya listrik yang tertera pada Hand Drier mereka akan terkejut. Hand Drier pada umumnya memiliki daya listrik sekitar 1400-2000 Watt. Sebagai gambaran, AC 1PK hanya memerlukan listrik 750Watt. Mitsubihi Electric Jet Towel memiliki settingan tanpa heater yang hanya memerlukan listrik 550W, sehingga untuk sekali mengeringkan tangan, biayanya dibawah 100 Rupiah.

4. Harga Jet Towel Mahal. Apabila dibandingkan degan tissue gulung (<Rp 10.000) maka harga untuk 1 unit Jet Towel bisa diatas 1000x nya. Tetapi mengapa banyak orang beralih ke Jet Towel? Karena jet towel memberikan solusi yang lebih murah. Dengan Jet Towel kita tidak ber urusan dengan tissue yang berserakan, kita tidak perlu mengupah orang untuk ‘menjaga’ tissue kita dari fakir tissue. Dimana tissue tersebut digunakan untuk hal hal lainnya selain mengeringkan tangan.

5. Jet Towel ramah li

flushing forest

ngkungan. Untuk hal ini saya setuju 100% dimana setiap kali kita menggunakan tissue, maka ada pohon yang ditebang untuk membuat tissue tersebut. Berikut adalah artikel mengenai deforestation, dimana diperkirakan dalam setiap hari nya kita menyiram 27.000 pohon kedalam toilet. Dan pohon pohon tersebut memerlukan waktu lebih dari 15 tahun untuk kembali seperti ukuran sebelumnya.

Jadi setelah membaca 5 mitos (beberapa diantaranya benar) tersebut apakah kita masih memilih menggunakan tissue toilet untuk mengeringkan tangan kita?

Titian Pramudya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s