Mitsubishi R2 System- Cooling & Heating Solution

Pada mulanya sistem VRF di desain untuk negara 4 musim dimana tipe Heat Pump VRF dapat menghasilkan panas atau dingin. Seiring berjalannya waktu, diproduksi tipe Cooling Only VRF yang cocok untuk area 2 musim di asia. Tetapi perkembangan Sistem VRF tidak berhenti di situ. Sekarang telah dibuat Sistem VRF yang mampu mendinginkan dan memanaskan dalam waktu yang sama. VRF tipe ini disebut Heat Recovery VRF, karena panas yang diambil dari ruangan akan dikembalikan ke ruangan yang memerlukan panas.

2 vs 3 pipe systemKarena fungsinya yang harus dapat mendinginkan dan memanaskan di saat yang bersamaan, maka sistem ini tidak dapat bergantung hanya dengan 2 pipa refrigeran (liquid & gas). Sistem ini memerlukan 3 pipa refrigerant, sehingga sistem ini biasa disebut “three pipe system”. Dengan perlunya jalur pipa tambahan, maka tentunya installasi nya menjadi lebih mahal.

Mitsubishi Electric sendiri menjadi pelopor hanya menggunakan 2 pipa (two pipe system) dalam sistem Heat Recovery nya. Dengan menggunakan 2 pipa refrigerant, maka biaya installasinya bisa lebih murah. Apakah rahasianya? Rahasianya adalah teknolagi BC Controller yang dapat mengatur dengan efffisien penggunaan 2 pipa yang sudah ada.  Dengan BC Controller refrigerant dapat disupply dalam bentuk mixed (liquid & gas). BC Controller akan memisahkan kedua fasa tersebut ke ruangan yang berbeda.

Mungkin beberapa orang akan berkata bahwa di Indonesia kita tidak akan menggunakan Heat Recovery VRF (R2 System). Memang kita tidak memerlukan udara panas untuk memanaskan ruangan.Tetapi apablia indoor tersebut kita ganti dengan Booster unit untuk memanaskan Air, maka kita akan mendapatkan Air to water System dimana kita dapat menghasilkan air panas sampai suhu 70C.

Titian Pramudya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s